BAB I
PENDAHULUAN
[3] Abdurrahman al-Nahlawi, ushul
al-Tarbiyah al-Islamiyah wa asalibuha al-Bayt wa al-Madrasah wa al-Mujtama,
(Beirut: Dar al-Fikr, 1979)
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan aspek terpenting dalam
kehidupan karena pendidikan adalah suatu proses untuk mendewasakan manusia.
Melaui pendidikan manusia dapat tumbuh dan berkembang secara wajar dan sempurna
sehingga, manusia dapat melaksanakan tugasnya sebagai menusia. Sedemikian
pentingnya pendidikan bagi manusia, maka untuk mendapatkan nya pun adalah suatu
keharusan. Pendidikan sangat diperhatikan pula dalam pandangan islam. Terbukti
dengan banyak nya hadist nabi yang membahas dan menyinggung pendidikan.
Namun proses
belajar akan berlangsung dengan maksimal dengan adanya alat dan media dimana
pengertian alat pendidikan itu yaitu
sebagai sarana pendidikan. Alat bisa berupa ucapan, tulisan, keadaan dan
lain-lain. Seseorang pun bisa menjadi alat bagi orang lain untuk mencapai
tujuannya. 1) Apakah pengertian alat
dan media pendidikan ? 2) Apa
sajakah fungsi alat dan media pendidikan ? 3) Apa sajakah jenis-jenis
alat dan media pendidikan ?
BAB II
PEMBAHASAN
BAB II
PEMBAHASAN
B. Pengertian Alat dan Media Pendidikan
Mengenai
pengertian alat pendidikan, beberapa para ahli memiliki Pandangan nya yaitu,
menurut Sutari Iman Barnadib bahwa alat pendidikan adalah suatu tindakan,
perbuatan atau situasi / benda yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai
suatu tujuan pendidikan[1].
Menurut Ahmad D. Marimba alat pendidikan sebagai segala sesuatu atau apa yang
dipergunakan dalam usaha mencapai tujuan.[2]
Namun
batasan alat pendidikan yang dikemukakan banyak ahli pendidikan adalah segala
sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan dalam pendidikan.
Sedangkan
kata media berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata
medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah
perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepenerima pesan. Gagne (1970)
menyatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa
yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
Menurut Latuheru (dalam Arsyad, 2003:4) mengemukakan
bahwa media pendidikan adalah ”semua alat bantu atau benda yang digunakan dalam
kegiatan pembelajaran dengan maksud untuk menyampaikan pesan atau informasi
dari sumber, baik guru maupun lain kepada penerima atau siswa”. Ditegaskan lagi
Hamalik (dalam Arsyad, 2003:15 ) mengemukakan bahwa "pemakaian media
pembelajaran dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan keinginan dan minat
yang baru, membangkitkan motivasi dan ransangan proses pembelajaran dan membawa
pengaruh-pengaruh psikologi terhadap siswa”.
Asosiasi
Pendidikan Nasional (National Education Assosiation/NEA) mendefinisikan media
adalah bentuk-bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta
peralatannya, yang dapat dimanipulasiakan, dapat dilihat, didengar dan dibaca.
Dari
beberapa Literature tidak tedapat perbedaan pengertian antara alat-alat dan
media pendidikan, Zakiah Darajat menyebutkan pengertian antara alat dan media
pendidikan sama dengan media pendidikan yaitu sebagai sarana pendidikan.
Jika
dihubungkan pengertian alat dan media pendidikan islam adalah jalan/ materi
pendidikan islam kepada anak didik, agar terwujud kepribadian muslim.
Alat
yang menerangkan tentang media pendidikan adalah:
Surat al-isra’ ayat 84
قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَى شَاكِلَتِهِ فَرَبُّكُمْ أَعْلَمُ بِمَنْ
هُوَ أَهْدَى سَبِيلا
Katakanlah:
"Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing". Maka
Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang lebih benar jalannya.
Dalam
ayat ini Allah mengajarkan kepada manusia untuk menggunakan sebuah alat atau
benda sebagai suatu media dalam menjelaskan segala sesuatu. Sebagaimana Allah
menurunkan Al-quran kepada nabi Muhammad untuk menjelaskan segala sesuatu nya,
maka sudah sepatuut nya seseorang menggunakan suatu media tertentu untuk
menjelaskan segala hal.
Ayat lain yang menerangkan tentang media
pendidikan adlah Q.S al-alaq ayat 4
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
Yang
mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam.
C. Fungsi Alat dan Media
Pendidikan
Alat
dan media memiliki kedudukan penting dalam pencapaian tujuan. Oleh sebab itu, pendidik hendaknya tidak meremehkan
masalah alat. Pendidik hendaknya mengadakan studi secara mendalam tentang
masalah ini.
Tidak
sedikit kegagalan dalam pendidikan disebabkan pendidik tidak memperhatikan
masalah-masalah yang berkaitan dengan alat, seperti fungsi, pemilihan, dan
cara-cara menggunakannya.
Alat
dan juga media tidak terpisahkan dari tujuan, karena tujuan tidak mungkin
tercapai tanpa alat. Ini berarti bahwa alat berfungsi mengantarkan penggunanya
untuk mencapai tujuan. Dalam kaidah ushul fiqih mengatakan bahwa alat mempunyai
nilai yang sejalan dengan nilai tujuan.
Selain itu penggunaan media pembelajaran pada tahap
orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses belajaran dan
penyampaian pesan dan isi pembelajaran pada saat itu. Di samping membangkitkan
motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa
meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya,
memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi.
Ahmad
D. Marimba mengemukakan bahwa dilihat dari fungsinya, alat-alat pendidikan
terbagi 3 jenis, yaitu :
1. Alat sebagai perlengkapan.
Namun keberadaan alat ini tidak mutlak. Artinya, tanpa perlengkapan inipun,
tujuan masih bisa tercapai. Seperti kursi, baju seragam, dll.
2. Alat sebagai pembantu
mempermudah usaha tujuan. Pendidik hendaknya dapat memilih alat mana yang
paling efektif dan efesien untuk mencapai tujuan.
3. Alat sebagai tujuan.
Alat-alat berfungsi saling membantu. Suatu alat berfungsi sebagai alat dari
alat-alat yang lain.
Sedangkan menurut Hamalik, (dalam Arsyad, 2003:2) media
pendidikan meliputi:
1.
Media sebagai alat komunikasi lebih mengefektifkan
proses pembelajaran
2.
Fungsi media dalam rangka tujuan pendidikan
3.
Hubungan antara metoda mengajar dan media
pendidikan
4.
Nilai atau manfaat media pendidikan dalam
pengajaran
5.
Pemilihan dan penggunan media pendidikan
6.
Berbagai jenis alat dan teknik media pendidikan
7.
Media pendidikan setiap mata pelajaran
8.
Usaha inovasi dalam pendidikan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media adalah
bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran demi tercapainya tujuan
pendidikan umum dan tujuan pembelajaran khusus di sekolah.
D.
Jenis-jenis Alat dan
Media Pendidikan
Abdurrahman al-Nahlawi membagi alat-alat pendidikan
menjadi dua macam yaitu : alat-alat material dan alat-alat maknawi (psikis).[3]
1. alat-alat
material (piranti keras / hardware)
alat-alat tidak konkret
seperti isi pendidikan, bahan pelajaran dan metode pendidikan.
2. alat-alat
maknawi (piranti lunak / software)
seperti: gedung
sekolah, perpustakaan dan alat peraga. dll
Jenis-jenis
media pendidikan
1. Taksonomi
a.
Taksonomi menurut Rudy Bretz
Menurutnya ciri utama media dibagi menjadi 3
unsur pokok yaitu suara, visual dan gerak.
b.
Taksonomi menurut Briggs
Taksonomi ini mengarah kepada stimulus atau
ransangan yang berasal dari media itu sendiri. 13 macam media yang di gunakan
dalam proses pembelajaran yaitu :
objek, model, suara langsung, rekaman audio,
media cetak, pembelajaran terprogram, papan tulis, media transparansi, film
bingkai, film rangkai, film, televisi dan gambar
c.
Taksonomi menurut Gagne
7 (tujuh) macam pengelompokan media yaitu:
Benda untuk di demonstrasikan, Komunikasi
lisan, media cetak, gambar diam, gambar bersuara, film bersuara, mesin belajar.
d.
Taksonomi menurut Edling
1) pengalaman visual yaitu kodifikasi subjektif
audio dan kodifikasi objektif visual
2)
pengalaman 3 dimensi meliputi:
pengalaman langsung dengan orang dan pengalaman langsung dengan
benda-benda
2. Gambar
1.
Media Grafis
Media grafis termasuk ke dalam media visual.
Fungsinya menyalurkan pesan dari sumber ke penerima dengan indera penglihatan
yang dituangkan dalam symbol-simbol komunikasi visual. Seperti: sketsa,
diagram, bagan / chart, grafik, kartun, Poster, Peta / globe, Papan flannel,
Papan bulletin.
2. Media Audio
Media audio berkaitan dengan indera
pendengaran. Pesan-pesan yang disampaikan dituangkan ke dalam lambing-lambang
auditif, baik verbal ( ke dalam kata-kata/ bahasa lisan) maupun non verbal.
a.
Magnetic,
b.
Piringan hitam
c.
Laboratorium bahasa
BAB III
PRNUTUP
BAB III
PRNUTUP
A.
Kesimpulan
1. Proses belajar
akan berlangsung dengan maksimal dengan adanya alat dan media dimana pengertian
alat pendidikan itu yaitu
sebagai sarana pendidikan.
2. Pengertian alat dan media pendidikan
islam adalah jalan/ materi pendidikan islam kepada anak didik, agar terwujud
kepribadian muslim.
3. Media
pendidikan adalah bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran demi
tercapainya tujuan pendidikan umum dan tujuan pembelajaran khusus di sekolah.
4. Penggunaan media
pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu
keefektifan proses belajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran pada
saat itu.
B.
Saran
Inilah makalah yang kami ajukan sebagai
tugas Ilmu Pendidikan Islam. Meskipun penulisan ini jauh dari kata sempurna.
Masih banyak kesalahan dari penulisan makalah ini, maka kami membutuhkan kritik
dan saran.
Kami juga mengucapkan terima kasih
kepada dosen pembimbing mata kuliah Ilmu Pendidikan Islam yang telah memberi
kami tugas membuat Makalah ini demi kebaikan kami sendiri dan untuk orang lain.
DAFTAR RUJUKAN
Noer,
Heri MA,1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu
Sadiman,
Arif. 2009. Media Pendidikan. Jakarta
: Rajawali pers
Ilmi,
H Darul.2009. Dasar-Dasar Pendidikan dan Pembelajaran
http://nalar-langit.blogspot.co.id/2016/01/media-pendidikan-islam.html
http://nalar-langit.blogspot.co.id/2016/01/media-pendidikan-islam.html
Arsyad,
Azhar. 2006. Media Pembelajaran.
Jakarta : PT. Rajagrafindo persada
[1] Sutari Iman Barnadib, Pengantar
ilmu Pendidikan Sistematis, (Yogyakarta: Andi Offset,1993), h.96
[2] Ahmad D. Marimba, Pengantar
Filsafat Pendidikan Islam, *Bandung: Almaarif,1981), h. 50